PROPOSAL
RENCANA USAHA
MINUMAN CITRUST KIST
Disusun Oleh:
Yulius
Alvin Bramasta
Fajar
Juli Pratama
Ade
Irma Fauzi
Annisa
Ridha Apriliany
Prima
Nur Cahyo
SEMEDTER III
PRODI S1 ILMU
KOMUNIKASI
FAKULTAS
HUMANIORA
UNIVERSITAS
TEKNOLOGI YOGYAKARTA
2018
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah segala
puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas nikmat yang tak terhingga. Kami telah
berusaha dengan kemampuan, tenaga, waktu, dan pikiran guna menghasilkan karya
tulis ini dalam rangka meningkatkan daya serap atau pemahaman mata pelajaran,
khususnya pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuannya agar kami lebih mengutamakan
konsep ilmu yang diberikan, karena hal tersebut merupakan masalah utama dalam
proses belajar.
Berbagai informasi dan referensi telah kami baca guna
menunjang penulisan proposal rencana usaha yang lebih mendalam bagi mahasiswa. Semoga
proposal sederhana ini dapat berguna dan bermanfaat bagi pembaca yang ingin
terus mendalami bidang keilmuannya. Kami senantiasa menanti saran dan masukan
demi perbaikan di masa datang. Selamat belajar semoga Allah SWT meridhoi kita
semua, aamiin.
Sleman,
12 Oktober 2018
Penyusun
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Di zaman modern
ini, kita memasuki era globalisasi yang sangat banyak menawarkan makanan
bervariasi, tidak terkecuali minuman. Dengan menjamurnya berbagai macam
minuman, menyebabkan para konsumen rumit dalam memilih satu dari sekian banyak minuman
yang tersedia di pasaran. Pada gilirannya hal tersebut menyebabkan para pembisnis
harus kreatif dalam memasarkan produknya.
Ketatnya persaingan di pasar minuman
juga tidak menyurutkan langkah kami guna mencoba memproduksi suatu minuman
segar yang sangat cocok pada cuaca panas yang terjadi pada akhir-akhir ini.
Tentunya dengan harapan mampu bersaing dalam pasar minuman. Produk tersebut
adalah “Es Jeruk Sunkist”.
Jenis usaha yang akan kami jalankan ini
akan kami modifikasi dari segi bentuk maupun rasa sehingga mampu menghasilkan minuman
yang berkualitas dan menarik. Adapun produk makanan ini kami beri nama “Citrus
Kist”.
B. Visi Usaha
Visi usaha
kami yakni memberikan
solusi kesegaran “Citrus Kist” sehingga mampu menjadi minuman
yang menyegarkan, menarik dan diterima oleh kalangan masyarakat sebagai minuman
manis yang segar.
C. Misi Usaha
Adapun
misi yang coba kami terapkan adalah:
1. Memperkenalkan produk pada masyarakat
luas
2. Memberikan kepuasan pada pelanggan
3. Memanfaatkan bahan baku buah jeruk
Sunkist yang menyegarkan
4. Mencari keuntungan dari modal yang
kecil
5. Selain ingin mendapatkan keuntungan
kami ingin mendapatkan berkah dalam usaha ini dengan moto “berbisnis langkah
awal dari kesuksesan”.
D. Analisis Peluang Usaha
Semua proses produksi telah dilakukan,
dari mulai pemilihan jeruk sunkist yang baik sampai kepada packing,
kemudian yang akan kami lakukan yaitu mencari peluang usaha. Dalam memulai
usaha apapun, maka yang harus diketahui adalah peluang pasar yang dapat
menerima produk kami ini. Peluang usaha sudah merupakan kunci penting dalam
proses pemasaran karena pemasaran akan berjalan dengan lancar apabila sudah
mendapatkan peluang usaha yang kita inginkan.
Sistem pemasaran kami akan mampu
menganalisis keunggulan dan kelemahan pesaing kami dan sejauh mana kemampuan
kami untuk bersaing dengan mereka dalam segala aspek, baik itu dari sisi harga,
pelayanan maupun kualitas yang kami berikan kepada para konsumen. Kami akan
mensurvei dan meneliti pesaing-pesaing kami bagaimana caranya membuat es jeruk
sunkist ini agar berbeda dengan es jeruk sunkist lainnya yang sudah beredar di
pasaran.
Kami akan menjual es jeruk
sunkist ini di tempat yang cukup ramai, yang banyak dikenal dan dilalui banyak
orang, dengan seperti itu maka es jeruk sunkist kami ini akan lebih cepat laku
terjual di masyarakat.
E. Marketing Mix (Bauran Pemasaran)
Dilihat dari promosi makanan yang cepat
laku adalah pada tempat ramai seperti sekolah, kampus, tempat wisata itu adalah
tempat yang paling strategis untuk mempromosikan barang dagangan. Berikut ini
ada beberapa cara promosi makanan yang akan kami lakukan:
1. Pertama adalah lewat internet. Cara ini
cukup memberikan informasi yang lebih kepada orang karena saat ini orang banyak
membuka internet seperti website, Instagram,
facebook, twitter, yahoo, whatsapp dan lain-lain.
2. Direct selling. Melalui penjualan langsung, cara ini
lumayan efektif karena langsung bertemu dengan pembelinya dan bisa langsung
promosikan makanan yang dijual.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah suatu
bentuk analisis di dalam manajemen perusahaan atau di dalam organisasi yang
secara sistematis dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang
matang untuk mencapai tujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan
jangka panjang. Adapun analisis SWOT produk kami sebagai berikut:
1. Kekuatan:
·
Harganya cukup terjangkau oleh kalangan masyarakat
·
Banyak orang yang memilih es jeruk untuk menghilangkan rasa
haus serta kaya vitamin yang baik bagi tubuh
·
Kualitas dari minuman ini sangat terjamin, karena dalam
proses pembuatannya diutamakan kebersihan dan sesuai standar kesehatan
·
Es jeruk sunkist dapat menjadi salah satu alternatif minuman
berasa yang menyegarkan dan ramah di kantong
2. Kelemahan:
·
Minimnya modal untuk tenaga kerja sehingga bahan yang
diproduksi kurang banyak
·
Jika dibiarkan terlalu lama es akan mencair, sehingga dapat
mengurangi keaslian rasa pada minuman tersebut
3. Peluang :
·
Kondisi masyarakat yang semakin konsumtif sehingga
mempermudah kami untuk memasarkan produk
·
Permintaan pasar yang semakin meningkat, Banyak diminati
setiap orang dari mulai anak-anak, dewasa maupun orang tua
·
Cuaca yang begitu panas akhir-akhir ini sangat mendukung
kami dalam memasarkan produk
4. Tantangan :
·
Jumlah kompetitor yang terus meningkat
·
Munculnya produk baru yang lebih ungggul
·
Kenaikan harga bahan baku karena jumlahnya semakin terbatas.
B. Cara Pembuatan Keripik Talas
Langkah-langkah
dalam pembuatan es jeruk sunkist:
Bahan I
1.
Masukan jelly kedalam panci
2.
Masukan gula pasir dan air secukupnya kedalam
panci
3.
Aduk hingga mendidih, lalu diamkan selama 3
menit
4.
Cetak jelly kedalam wadah
5.
Setelah dingin, potong dadu jelly yang ada di dalam
wadah
Bahan II
1.
Tuangkan gula dan air panas, kemudian aduk
2.
Potong tipis jeruk sunkist, masukan dalam gelas
3.
Masukkan pula jelly yang sebelumnya telah di
potong dadu, masukan ke dalam gelas
4.
Tuangkan sirup rasa jeruk
5.
Isi penuh dengan es batu, aduk
6.
Biarkan batu es hingga larut dan rasakan kesegarannya
C. Perencanaan Usaha
1.
Bahan dan Alat
Bahan dan Alat
|
Harga
|
Jeruk sunkist
|
Rp. 55.000,00,-
|
Sirup ABC jeruk squash
delight
|
Rp. 14.000,00,-
|
Gula pasir
|
Rp. 11.000,00,-
|
Nutrigell 0range
|
Rp. 5.000,00,-
|
Es batu
|
–
|
Gelas plastik 14oz
|
Rp. 15.000,00,-
|
Sedotan
|
Rp. 10.000,00,-
|
Jumlah
|
Rp. 110.000,00,-
|
D. Estimilasi Dana
1. Anggaran:
·
Modal lancar = Rp. 5.000,00,- /hari, dalam 10 hari
memproduksi 50 gelas, jadi modal 10 Hari adalah Rp.5.000,00,- × 50 = Rp.250.000,00,-
·
Modal investasi
Peralatan
produksi
|
=
|
Rp.25.000,00,-
|
·
Biaya produksi
Harga 1 kg jeruk sunkist
|
=
|
Rp.
55.000,00,-
|
Harga 1 kg gula pasir
|
=
|
Rp.
11.000,00,-
|
Harga 1 pcs nutrigell
|
=
|
Rp. 5.000,00,-
|
Harga 1 btl sirup
|
=
|
Rp.
14.000,00,-
|
Harga 1 pak gelas plastic 14oz
|
=
|
Rp.
15.000,00,-
|
Harga 1 pak sedotan besar
|
=
|
Rp.
10.000,00,-
|
·
10 hari produksi
a. Biaya produksi
1 kg jeruk sunkist
|
=
|
1 × Rp. 55.000,00,-
|
=
|
Rp. 55.000,00,-
|
1 kg gula pasir
|
=
|
2 × Rp. 11.000,00,-
|
=
|
Rp. 22.000,00,-
|
1 btl sirup
|
=
|
3 × Rp. 14.000,00,-
|
=
|
Rp. 42.000,00,-
|
1 pcs nutrigell
|
=
|
5 × Rp. 5.000,00,-
|
=
|
Rp. 25.000,00,-
|
TOTAL
|
Rp. 139.000,00,-
|
b. Biaya pengepakan
1 pak gelas plastik 14oz
|
=
|
2 × Rp. 15.000,00,-
|
=
|
Rp. 30.000,00,-
|
|
1 pak sedotan besar
|
=
|
2 × Rp. 10.000,00,-
|
=
|
Rp. 20.000,00,-
|
|
TOTAL
|
Rp. 50.000,00,-
|
||||
|
|
||||
Biaya produksi
|
=
|
Rp. 139.000,00,-
|
|||
Biaya
pengepakan
|
=
|
Rp. 50.000,00,-
|
|||
TOTAL
|
Rp. 189.000,00,-
|
2.
Penetapan harga
1 kg jeruk sankist menghasikan
50 gelas “Citrus
Kist” dengan harga jual perbungkus Rp.7.000,00,-. Jadi, total pendapatan kotor adalah
Rp.350.000,00,-. Total biaya produksi Rp.189.000,00,-. Penghasilan bersih adalah Rp.161.000,00,-.
BAB III
PENUTUP
Dari beberapa uraian sebelumnya kini penulis dapat
menyimpulkan. Tujuan yang paling utamanya adalah dibalik “berbisnis langkah
awal dari kesuksesan”.
Analisis peluang usaha, perhitungan modal dan penetapan
harga jual, perhitungan rugi/laba dan terakhir analisis keuntungan sangatlah
penting dan berpengaruh terhadap baik buruknya suatu bisnis atau naik turunnya
perusahaan yang kita jalani ini akan terlihat.
Setelah kami selisik dengan seksama peluang usaha es
jeruk Sunkist ini menjanjikan keuntungan yang cukup lumayan. Demikianlah yang
dapat kami sampaikan semoga dapat bermanfaat untuk ke depannya. Aamiin.
Komentar
Posting Komentar