Langsung ke konten utama

PROPOSAL RENCANA USAHA MINUMAN CITRUST KIST




PROPOSAL RENCANA USAHA
MINUMAN CITRUST KIST



Disusun Oleh:
Yulius Alvin Bramasta
Fajar Juli Pratama
Ade Irma Fauzi
Annisa Ridha Apriliany
Prima Nur Cahyo



SEMEDTER III
PRODI S1 ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS HUMANIORA
UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA
2018
 


KATA PENGANTAR




Alhamdulillah segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas nikmat yang tak terhingga. Kami telah berusaha dengan kemampuan, tenaga, waktu, dan pikiran guna menghasilkan karya tulis ini dalam rangka meningkatkan daya serap atau pemahaman mata pelajaran, khususnya pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuannya agar kami lebih mengutamakan konsep ilmu yang diberikan, karena hal tersebut merupakan masalah utama dalam proses belajar.
Berbagai informasi dan referensi telah kami baca guna menunjang penulisan proposal rencana usaha yang lebih mendalam bagi mahasiswa. Semoga proposal sederhana ini dapat berguna dan bermanfaat bagi pembaca yang ingin terus mendalami bidang keilmuannya. Kami senantiasa menanti saran dan masukan demi perbaikan di masa datang. Selamat belajar semoga Allah SWT meridhoi kita semua, aamiin.                                                                                                               


Sleman, 12 Oktober 2018



Penyusun




DAFTAR ISI





BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

       Di zaman modern ini, kita memasuki era globalisasi yang sangat banyak menawarkan makanan bervariasi, tidak terkecuali minuman. Dengan menjamurnya berbagai macam minuman, menyebabkan para konsumen rumit dalam memilih satu dari sekian banyak minuman yang tersedia di pasaran. Pada gilirannya hal tersebut menyebabkan para pembisnis harus kreatif dalam memasarkan produknya.
Ketatnya persaingan di pasar minuman juga tidak menyurutkan langkah kami guna mencoba memproduksi suatu minuman segar yang sangat cocok pada cuaca panas yang terjadi pada akhir-akhir ini. Tentunya dengan harapan mampu bersaing dalam pasar minuman. Produk tersebut adalah “Es Jeruk Sunkist”.
       Jenis usaha yang akan kami jalankan ini akan kami modifikasi dari segi bentuk maupun rasa sehingga mampu menghasilkan minuman yang berkualitas dan menarik. Adapun produk makanan ini kami beri nama “Citrus Kist”.

B.     Visi Usaha

 Visi usaha kami yakni memberikan solusi kesegaran “Citrus Kist” sehingga mampu menjadi minuman yang menyegarkan, menarik dan diterima oleh kalangan masyarakat sebagai minuman manis yang segar.

C.    Misi Usaha

Adapun misi yang coba kami terapkan adalah:
1.      Memperkenalkan produk pada masyarakat luas
2.      Memberikan kepuasan pada pelanggan
3.      Memanfaatkan bahan baku buah jeruk Sunkist yang menyegarkan
4.      Mencari keuntungan dari modal yang kecil
5.      Selain ingin mendapatkan keuntungan kami ingin mendapatkan berkah dalam usaha ini dengan moto “berbisnis langkah awal dari kesuksesan”.

D.    Analisis Peluang Usaha

Semua proses produksi telah dilakukan, dari mulai pemilihan jeruk sunkist yang baik sampai kepada packing, kemudian yang akan kami lakukan yaitu mencari peluang usaha. Dalam memulai usaha apapun, maka yang harus diketahui adalah peluang pasar yang dapat menerima produk kami ini. Peluang usaha sudah merupakan kunci penting dalam proses pemasaran karena pemasaran akan berjalan dengan lancar apabila sudah mendapatkan peluang usaha yang kita inginkan.
Sistem pemasaran kami akan mampu menganalisis keunggulan dan kelemahan pesaing kami dan sejauh mana kemampuan kami untuk bersaing dengan mereka dalam segala aspek, baik itu dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas yang kami berikan kepada para konsumen. Kami akan mensurvei dan meneliti pesaing-pesaing kami bagaimana caranya membuat es jeruk sunkist ini agar berbeda dengan es jeruk sunkist lainnya yang sudah beredar di pasaran.
   Kami akan menjual es jeruk sunkist ini di tempat yang cukup ramai, yang banyak dikenal dan dilalui banyak orang, dengan seperti itu maka es jeruk sunkist kami ini akan lebih cepat laku terjual di masyarakat.
    

E.     Marketing Mix (Bauran Pemasaran)

Dilihat dari promosi makanan yang cepat laku adalah pada tempat ramai seperti sekolah, kampus, tempat wisata itu adalah tempat yang paling strategis untuk mempromosikan barang dagangan. Berikut ini ada beberapa cara promosi makanan yang akan kami lakukan:
1.      Pertama adalah lewat internet. Cara ini cukup memberikan informasi yang lebih kepada orang karena saat ini orang banyak membuka internet seperti website, Instagram, facebook, twitter, yahoo, whatsapp dan lain-lain.
2.      Direct selling. Melalui penjualan langsung, cara ini lumayan efektif karena langsung bertemu dengan pembelinya dan bisa langsung promosikan makanan yang dijual.


BAB II

PEMBAHASAN

A.    Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah suatu bentuk analisis di dalam manajemen perusahaan atau di dalam organisasi yang secara sistematis dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang. Adapun analisis SWOT produk kami sebagai berikut:
1.      Kekuatan:
·         Harganya cukup terjangkau oleh kalangan masyarakat
·         Banyak orang yang memilih es jeruk untuk menghilangkan rasa haus serta kaya vitamin yang baik bagi tubuh
·         Kualitas dari minuman ini sangat terjamin, karena dalam proses pembuatannya diutamakan kebersihan dan sesuai standar kesehatan
·         Es jeruk sunkist dapat menjadi salah satu alternatif minuman berasa yang menyegarkan dan ramah di kantong
2.      Kelemahan:
·         Minimnya modal untuk tenaga kerja sehingga bahan yang diproduksi kurang banyak
·         Jika dibiarkan terlalu lama es akan mencair, sehingga dapat mengurangi keaslian rasa pada minuman tersebut
3.      Peluang :
·         Kondisi masyarakat yang semakin konsumtif sehingga mempermudah kami untuk memasarkan produk
·         Permintaan pasar yang semakin meningkat, Banyak diminati setiap orang dari mulai anak-anak, dewasa maupun orang tua
·         Cuaca yang begitu panas akhir-akhir ini sangat mendukung kami dalam memasarkan produk
4.      Tantangan :
·         Jumlah kompetitor yang terus meningkat
·         Munculnya produk baru yang lebih ungggul
·         Kenaikan harga bahan baku karena jumlahnya semakin terbatas.

B.     Cara Pembuatan Keripik Talas

Langkah-langkah dalam pembuatan es jeruk sunkist:
Bahan I
1.      Masukan jelly kedalam panci
2.      Masukan gula pasir dan air secukupnya kedalam panci
3.      Aduk hingga mendidih, lalu diamkan selama 3 menit
4.      Cetak jelly kedalam wadah
5.      Setelah dingin, potong dadu jelly yang ada di dalam wadah
Bahan II
1.       Tuangkan gula dan air panas, kemudian aduk
2.       Potong tipis jeruk sunkist, masukan dalam gelas
3.      Masukkan pula jelly yang sebelumnya telah di potong dadu, masukan ke dalam gelas
4.       Tuangkan sirup rasa jeruk
5.       Isi penuh dengan es batu, aduk
6.       Biarkan batu es hingga larut dan rasakan kesegarannya         

C.    Perencanaan Usaha

1.   Bahan dan Alat
Bahan dan Alat
Harga
Jeruk sunkist
Rp.     55.000,00,-
Sirup ABC jeruk squash delight
Rp.     14.000,00,-
Gula pasir
Rp.     11.000,00,-
Nutrigell 0range
Rp.       5.000,00,-
Es batu
Gelas plastik 14oz
Rp.     15.000,00,-
Sedotan
Rp.     10.000,00,-
Jumlah
Rp.   110.000,00,-

D.    Estimilasi Dana

1.      Anggaran:
·         Modal lancar  = Rp. 5.000,00,- /hari, dalam 10 hari memproduksi 50 gelas, jadi modal 10 Hari adalah Rp.5.000,00,- × 50 = Rp.250.000,00,-
·         Modal investasi
Peralatan produksi
=
Rp.25.000,00,-
·         Biaya produksi
Harga 1 kg jeruk sunkist
=
Rp. 55.000,00,-
Harga 1 kg gula pasir
=
Rp. 11.000,00,-
Harga 1 pcs nutrigell
=
Rp.   5.000,00,-
Harga 1 btl sirup
=
Rp. 14.000,00,-
Harga 1 pak gelas plastic 14oz
=
Rp. 15.000,00,-
Harga 1 pak sedotan besar
=
Rp. 10.000,00,-
·         10 hari produksi
a.       Biaya produksi
1 kg jeruk sunkist
=
1 × Rp. 55.000,00,-
=
Rp.   55.000,00,-
1 kg gula pasir
=
2 × Rp. 11.000,00,-
=
Rp.   22.000,00,-
1 btl sirup
=
3 × Rp. 14.000,00,-
=
Rp.   42.000,00,-
1 pcs nutrigell
=
5 × Rp.   5.000,00,-
=
Rp.   25.000,00,-
TOTAL
Rp. 139.000,00,-
b.      Biaya pengepakan
1 pak gelas plastik 14oz
=
2 × Rp. 15.000,00,-
=
Rp.   30.000,00,-

1 pak sedotan besar
=
2 × Rp. 10.000,00,-
=
Rp.   20.000,00,-

TOTAL
Rp.   50.000,00,-




Biaya produksi
=
Rp. 139.000,00,-
Biaya pengepakan
=
Rp.   50.000,00,-
TOTAL
Rp. 189.000,00,-

2.      Penetapan harga
1 kg jeruk sankist menghasikan 50 gelas “Citrus Kist” dengan harga jual perbungkus Rp.7.000,00,-. Jadi, total pendapatan kotor adalah Rp.350.000,00,-. Total biaya produksi Rp.189.000,00,-. Penghasilan bersih adalah Rp.161.000,00,-


BAB III

 PENUTUP


Dari beberapa uraian sebelumnya kini penulis dapat menyimpulkan. Tujuan yang paling utamanya adalah dibalik “berbisnis langkah awal dari kesuksesan”.
Analisis peluang usaha, perhitungan modal dan penetapan harga jual, perhitungan rugi/laba dan terakhir analisis keuntungan sangatlah penting dan berpengaruh terhadap baik buruknya suatu bisnis atau naik turunnya perusahaan yang kita jalani ini akan terlihat.
Setelah kami selisik dengan seksama peluang usaha es jeruk Sunkist ini menjanjikan keuntungan yang cukup lumayan. Demikianlah yang dapat kami sampaikan semoga dapat  bermanfaat untuk ke depannya. Aamiin.












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Etika Komunikasi Interpersonal

 ETIKA KOMUNIKASI INTERPERSONAL     Disusun Oleh Kelompok 7: 5171711002: Pandu Selpa Nugraha 5171711015: Elsy Yuli Yanti 5171711017: Aldo Hafirano 5171711034: Prima Nur Cahyo 5171711035: Joni Agus Prayitno 5171711038: Annisa Ridha Apriliany SEMESTER II PRODI S1 ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS HUMANIORA UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA 2018

Produk Bank Negeri dan Bank Swasta

                                                Produk Bank Negeri & Bank Swasta Disusun oleh Kelompok 7: Annisa Ridha Apriliany Bowo G.P Hasni Sulistya Nur Azizah Riska Fitriansyah Trimawariah X IIS 4 KATA PENGANTAR Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata΄ala, karena berkat rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Perbankan. Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas dari guru mata pelajaran Ekonomi. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktunya. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan bagi kita semua.